Senin, 14 Maret 2011


JARINGAN DISTRIBUSI TERBESAR
DI DUNIA: SISTEM PEREDARAN DARAH


Cobalah bayangkan sebuah kota yang memiliki 100 triliun rumah tangga. Menurut Anda, mungkinkah ada perusahaan distribusi yang mampu memenuhi kebutuhan semua rumah tangga di kota tersebut? Sebagian besar orang akan menjawab, “Tentu saja tidak.” Tetapi, sistem yang serupa sudah ada di dalam tubuh manusia. Namun rumah-rumah di dalam tubuh manusia adalah sel, dan perusahaan distribusinya adalah sistem peredaran darah yang memiliki komponen amat
banyak.
Bagian-bagian pembentuk sistem peredaran darah mengunjungi sekitar 100 triliun sel di
dalam tubuh manusia satu per satu. Inti dari sistem ini adalah jantung. Jantung, yang memiliki 4 buah bilik yang berbeda dan memompa darah segar serta darah kotor tanpa mencampur keduanya ke wilayah yang berbeda-beda di dalam tubuh, serta memiliki katup yang berfungsi sebagai penutup pengaman, memiliki rancangan yang dibangun dengan keseimbangan yang sangat teliti.
Saat kita memeriksa jantung, kita melihat bahwa jantung tidak hanya terdiri dari pompa,
melainkan juga katup yang menentukan arah darah yang dipompa. Adanya katup menjamin
bahwa darah yang dipompa oleh otot jantung bergerak dengan tepat ke arah yang sesuai. Lebih lanjut lagi, jantung dihubungkan ke kedua paru-paru dan bagian tubuh lainnya oleh pembuluh darah utama. Pembuluh darah yang menuju tubuh terbagi menjadi beberapa cabang yang, pada gilirannya, menjadi cabang-cabang kecil dalam proses yang berlanjut terus. Pemisahan ini berlanjut sampai ke vena amat kecil atau kapiler yang kemudian meluas menjadi vena yang lebih besar sampai kembali ke jantung lagi. Vena menuju paru-paru untuk membuang karbondioksida di dalam darah dan mengisi darah dengan oksigen.
Bila kita memeriksa sistem peredaran darah ini, yang meliputi jantung, pembuluh darah dan
paru-paru, terungkaplah sistem yang rumit. Jika dilengkapi dengan ginjal, yang bertugas membersihkan darah, dan pankreas, yang menyesuaikan kadar gula dalam darah dengan sekresi (pengeluaran) insulin atau glikogen, lalu hati, yang mengendalikan kandungan kimiawi darah, serta berbagai bagian sistem kekebalan dalam darah, tampaklah struktur yang menakjubkan.
Setiap bagian dari sistem yang rumit ini berada dalam keselarasan dan saling terhubung satu sama lain dengan cara yang sangat teratur. Semua unsur harmonis ini mempunyai satu tujuan. Jika satu bagian saja tidak ada, akan terjadi kerusakan di dalam sistem. Hal ini dapat mengakibatkan kematian orang yang memiliki sistem peredaran darah tersebut.
Jantung tidak dapat menjaga kelangsungan hidup tubuh manusia lebih dari satu menit tanpa
paru-paru yang bertugas membersihkan darah yang dipompa oleh jantung. Sistem peredaran darah ini tercipta lengkap dengan semua bagiannya, dalam seketika. Dengan demikian, hal ini menunjukkan rancangan yang sempurna, yaitu penciptaan, pada jantung dan sistem peredaran darah, serta menjelaskan seni penciptaan yang tiada bandingannya dari Allah, Tuhan semesta alam.

Semoga Menjadi Renungan Buat Kita Semua
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar