Rabu, 10 Agustus 2011

DERAJAT MANUSIA

1. DERAJAT NGUBAH
yang disebut derajad ngubah adalah derajatnya anak kecil yang artinya melaksanakan perintahNya sebab mengharapkan imbalan. Contoh : menjalankan Sahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan hajinya untuk mengharapkan imbalaNya.

2. DERAJAD MUKKIBIN
yaitu derajadnya oarang yang senang / suka terhadap Allah dan mengemban perintah Allah. Masalah imbalan hanya karena Allah, lahir dan bhatin tidak punya harapan apapun kecuali karena Allah.

3. DERAJAD MUTAKIN
Yaitu derajat orang yang takut kepada Allah karena menyadari kalau menjadi hambaNya. Jika tidak melaksanakan perintahNya  Jika tidak melaksanakan perintahNya takut akan siksaan dan jika melaksanakan perintahNya tidak mengharapkan imbalaNya.

4. DERAJAD SHOLIKIN
yaitu derajat orang yang ahli adap (tatakrama) terhada Allah SWT. Dirinya merasa menjadi hambaNya dan tunduk kepadaNya, sholatnya khusuk dan tenang karena hatinya merasa takut kepada Allah dan khuwatir jika kesalahanya tidak diampuni serta sopan santun mengingat kepada Allah dengan mengharapkan amalanya dengan surga, kenikmatan dan ridhoNya.
Adapun keempat derjatad tersebut belum bisa memfana'kan.

5. DERAJAT ARIFIN
Adalah derajad para nabi dan para wali, yakni derjat orang yang mengerti asalnya, mengerti tugasnya, mengerti jadinya, mengerti rumahnya, mengerti tempatnya, mengerti menempatinya, mengerti perginya dan kembalinya. Derajad ini tidak merasa mengaku punya asal, tidak merasa mengakui yang membuat, tidak merasa mengakui jadinya, tidak merasa mengakui punya rumah, tidak merasa mengakui punya tempat tinggal, tidak merasa mengakui punya wujud, tidak merasa mengakui punya rupa, tidak merasa mengakui punya senang, tidak merasa mengakui punya nikmat, tidak merasa mengakui punya tingka dan lain sebagainya. dan semua itu hanya kepunyaan Allah SWT. Oleh sebab itu mengertilah dengan sungguh-sungguh. jadi kalau mengerti sejatinya wujud itu hanya kepunyaan Allah bisa disebut mengerti sejatinya Diri Kita.

Wassalam
Pak De








Tidak ada komentar:

Posting Komentar