Selasa, 04 Februari 2014


SI NENEK RENTA KEBELET HAJI

Tidak seperti biasanya, sore itu memang terlihat terang. Mendung yang awalnya muncul di siang hari, justru menjelang sore sudah menghilang.

Terlihat di rumah Kang Soleh seorang nenenk cukup renta, setia menunggu. Badannya sudah keriput, namun wajahnya masih terlihat sumringah.

Nenek Warti, penjual sayuran di pasar sebelah sedang duduk di rumah Kang Soleh.

"Saya, semalam nggak bisa tidur .... , ada yang saya fikirkan." kata Nenek Warti.

"Halah.... mikir apa nek ? sudah.... nenek harus bersyukur, dikasih umur panjang sama Gusti Alloh." jawab Kang Soleh.

"Justru, karena bersyukur.... saya semalam ga bisa tidur ?" 
Kang Solehpun sedikit tertawa lirih mendengar kalimat Nenek Warti. 

"Begini.... saya ini sudah tua, hidup pas - pasan, namun... alhamdulillah saya diberi umur panjang. Namun ada satu hal yang membuat saya iri kepada yang lain ?" 

"Apa yang membuat iri, nek ?" 

"Saya pengin haji.... kangen banget saya,, pengin lihat rumah Alloh." 

Tertegun sebentar Kang Soleh. 

"Begini nek, .... jangan lupa setiap sholat berdo'a semoga Alloh mengabulkan keinginan nenek untuk bisa pergi berhaji. 

Selain itu, saya mau bercerita nih nek, sebuah kisah yang terjadi di jaman Rasululloh. 

Sekelompok orang-orang fakir miskin datang kepada Rasulullah SAW dan  berkata,

“Ya Rasulullah, orang-orang kaya telah memborong semua kedudukan yang tinggi serta kebahagiaan yang abadi dengan harta memreka. Mereka shalat dan berpuasa sebagaimana yang kami lakukan. Akan tetapi mereka mempunyai harta untuk menunaikan haji; umrah dan bersedekah.” 

Lalu Rasulullah SAW bersabda, “Sukakah kalian saya ajarkan sesuatu yang dapat mengejar orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang kemudian, dan tidak ada yang lebih utama dari kalian, kecuali mereka melakukan seperti yang kalian lakukan?” 
Mereka menjawab, “Baiklah ya Rasulullah.” 

Rasulullah SAW lalu bersabda, “Setiap selesai sholat bacalah olehmu Tasbih (Subhanallah); Tahmid (Alhamdulillah) dan Takbir (Allahu Akbar) masing-masing sebanyak 33 kali. 

Jadi nek... maksud saya, dengan membaca setiap selesai sholat bacalah olehmu Tasbih (Subhanallah); Tahmid (Alhamdulillah) dan Takbir (Allahu Akbar) masing-masing sebanyak 33 kali, Insya Alloh nenek sudah mendapat pahala seperti orang yang pergi haji. 

Wallohu a'lam.

Kangtris.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar