Kamis, 05 Mei 2011

EMPAT BELAS KEIMANAN MANUSIA

Bahwa keimanan manusia dapat dibedakan menjadi bermacam-macam keimanan :

IMAN IQRAR (IQROR)
Yaitu iman (ahli syariat) yaitu orang yang hanya bisa dapat mengucapkan dalilnya Al-Qur'an atau yang hanya bisa diikrarkan (ucapan) saja.

IMAN TASDIK  
Yaitu imanya orang yang sudah mempunyai keyakinan didalam hati, percaya bahwa adanya Allah dan kitab Al-Qur-an adalah wahyu dari Allah yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dan sebagi penuntun umat manusia dan percaya adanya hari akhir sebagai hari pembalasan semua perbuatan manusia dari perbuatan baik, buruk, susah dan senang yang dilakukan di Alam Dunia.
Iman ini termasuk iman ahli syariat 

IMAN TASDIQ IQROR:
Yaitu antara ucapan dan hatinya iman meskipun sedikt maupun banyak mempunyai pegangan kitab Al-Qur'an dan Hadis)
Iman ini juga termasuk imanya ahli Syariat.

IMAN ZAQIN
Keimanan ini dapat dibagi menjadi dua keimanan, 
IMAN AINUL ZAQIN
yaitu imannya orang ahli tarekho berusaha untuk sungguh-sungguh mendapatkan keridhoan Allah namun iman ini masih belum mengerti sejati Allah. 
IMAN HAQQUL ZAQIN:
yaitu imanya orang ahli tarekho yang percaya sejatinya Allah (dzat) sampai tata caranya sampai  mencapai rasa tetapi belum bisa fana sempurna dan belum sampai Baqoq. Keyakinan masih dijadikan, masih diwujudkan, masih disakitkan, masih disembuhkan, masih dijalankan dan seterusnya.


IMAN TAUHID
Juga termasuk iman haqeqat yang artinya bahwa semuanya alam seisinya tidak ada yang ada hanyalah Allah saja.


IMAN MAKRIFAT
juga termasuk iman haqeqat yang artinya mengerti badan halus yang ada didalam badan dhahir dan mengerti asalnya, kerjanya, jadinya, pekerjaanya, wujud, rupanya, namanya, tempatnya dan yang ditempati, prilakunya dan seterusnya. Iman ini juga disebut Iman Kamil. 


IMAN HAQEQAT   
Juga disebut iman sejati (sejatinya iman) atau disebut Iman Ghoib yaitu imanya orang arifin. Jadi iman arifin yaitu imanya para nabi atau para wali atau bisa disebut iman HAQ.


IMAN GHOIB
Iman ghoib yaitu harus percaya terhadap ghoib dan mengerti tentang ghoib sebab percaya itulah yang dibutuhkan, disebabkan tidak bisa iman kepada Allah kalau belum mengerti kepada sebenarnya Allah. (Maka carilah dengan sungguh-sungguh.)


IMAN GHOIBUL GHOIB 
Iman Ghoibul Ghoib juga disebut imannya orang arifin dan juga bisa disebut (iman samar-samar) jadi alam tidak ada yang ada hanya Allah.


IMAN BAQO
iman baqo disebut juga iman yang langgeng, hidup iman, mati iman, bangun iman, tidur iman, berjalan iman, diam iman, gerak iman, artinya percaya dan mengingat tidak putus sama sekali.


IMAN BAQOUL BAQO
Yaitu imanya orang arif yang tidak pernah keluar dari alamnya Allah sama sekali.


IMAN KAMIL
iman ini juga disebut imanya orang ahli arifin yang dilihat tidak seperti orang yang pada umumnya, katanya kiai kok tidak pernah sholat, kalau sholat ada disembarang tempat (misal ditempat pembakarang arang, tempat lokalisasi, dll.) tetapi biar seperti itu janganlah dihina, makanya jangan menghina orang yang kita belum mengerti.


IMAN KAMIL MUKAMIL
ini juga imanya orang ahli arifin yaitu terkadang tingkah lakunya seperti orang gila, terkadang seperti pengemis, berbuat maksiat tujuanya supaya tidak ketahuan baik sama sekali tetapi sebenarnya dia mengerti Akadiah, Wakdah, Wakidiyah.


NB: Carilah dengan sungguh-sungguh


Pakde

Tidak ada komentar:

Posting Komentar